Seluruh kecerdasan berbahasa yang dimiliki anak akan melejit apabila di beri ruang dan kesempatan untuk berkembang. Guru harus dapat  menciptakan lingkungan yang mampu mengasah  kecerdasan mereka dan memfasilitasi tumbuhnya kecerdasan mereka . Rangsangan pembelajaran yang tepat akan mendapatkan hasil  yang  optimal  sehingga  potensi  mereka akan melejit  luar  biasa.

Pembelajaran menulis memakai prinsip dari mudah ke sukar atau dari sederhana ke rumit. Untuk mencapai hasil yang baik pembelajaran menulis dimulai dari tahap yang paling mudah . Menurut materi yang di sampaikan oleh Widyaiswara LPMP Drs Slamet Trihartanto, ada 2 tahap dalam pembelajaran menulis , yaitu tahap menulis permulaan dan tahap menulis lanjutan . Tahap menulis permulaan diberikan di kelas rendah yaitu kelas 1 – 3 sedangkan kelas 4 - 6 diberi pembelajaran menulis lanjutan.

Kali ini saya akan memposting  pembelajaran menulis di kelas 2 SDIT Salman Al Farisi Jogjakarta.  Menulis adalah menuangkan sesuatu yang telah ada dalam pikiran mereka, sehingga tugas gurulah untuk mengisi pikiran mereka dengan pengetahuan atau pengalaman yang akan ditulis. Dalam kompetensi  dasar  Bahasa Indonesia kelas 2 ,  Menceritakan kembali cerita  anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. diharapkan setelah guru menceritakan sebuah dongeng anak mampu menceritakan kembali isi dongeng tersebut ke dalam bahasa mereka secara tertulis .

Guru harus kreatif dalam memilih tehnik dan  strategi dalam merancang pembelajaran menulis agar tujuan pembelajaran menulis dapat tercapai dengan  baik, berikut beberapa langkah dalam proses pembelajarannya ;

1. Langkah  pertama guru menceritakan sebuah cerita keluarga  dengan bantuan gambar, media gambar sangat  membantu kelancaran mereka dalam mengekspresikan gagasannya dan mengolah  kata demi kata kalimat demi  kalimat ke dalam bahasa tulis

2. Langkah kedua guru menanyakan isi cerita tersebut secara lisan untuk menguatkan kembali ingatan mereka mengenai isi ceritanya

3. Langkah ketiga guru memberi beberapa pertanyaan pada anak secara lisan, karena sebuah cerita/karangan merupakan  rangkaian jawaban atas beberapa pertanyaan.

4. Langkah keempat guru meminta anak menceritakan kembali isi cerita tersebut ke dalam bahasa mereka secara tertulis

Hasilnya......Luar biasa ,sekarang lihatlah hasil karya tulis mereka……

Keluarga Pak Rahmat
Keluarga Pak Rahmat sedang bermusyawarah ingin liburan kemana ?
Doni ingin ke kebun binatang karena Doni ingin melihat patung dinosaurus
Rara ingin ke kolam renang terus Pak Rahmat ingin ke gunung karena di gunung ada kolam renang air panas dan ada patung dinosaurus. Bu Rahma ingin ke pantai karena di pantai kita bisa berenang. Pak Rahmat bilang kita liburan ke gunung saja terus Doni dan Rara juga Bu Rahma menyetujui keputusan Pak Rahmat.  Akhirnya Doni Rara dan Bu Rahma bersiap – siap ke gunung . Doni, Rara dan Bu Rahma berangkat. Di perjalanan Doni dan Rara melihat pemandangan yang bagus. Akhirnya sampai juga ke gunung, mereka pertama ke kebun teh kedua mereka berenang air panas dan yang terakhir mereka melihat patung dinosaurus kata Doni patungnya lucu sekali. Akhirnya mereka pulang.
 Shofi


Keluarga Pak Rahmat
Ada satu keluarga yang mau liburan. Mereka bermusyawarah. Mereka sudah memilih keputusan ke gunung Slamet. Doni ingin melihat patung dinosaurus, Bu Rahma melihat kebun teh, Rara dan yang lainnya berenang itu adalah peristiwa yang menyenangkan.
 Hatta


Keluarga Pak Rahmat
Ayah, ibu doni dan rara sedang bermusyawarah untuk berlibur. Rara memilih pergi ke kolam renang ibu memilih pergi ke pantai, Doni memilih pergi ke kebun binatang ayah memilih pergi ke Gunung Slamet. Doni bilang dia sangat ingin melihat patung dinosaurus di kebun binatang, Rara bilang dia sangat ingin berenang di kolam renang. Ibu juga ingin berenang tapi di pantai. Ayah ingin melihat pemandangan di gunung Slamet , ayah bilang di gunung Slamet juga ada patung dinosaurus, digunung juga ada kolam renang air hangat, disana tidak ada pantai, Doni marah karena idenya tidak disetujui, awalnya mereka tidak setuju tapi karena di gunung ada yang mereka inginkan, ya sudah mereka menerima keputusan.
Mereka siap – siap untuk berlibur mereka membawa peralatan mandi, makan dan minuman. Dari Jogja mereka naik mobil 4 jam mereka sampai di tujuan ,sesampai di gunung mereka melihat  teh sehabis mereka melihat kebun teh mereka berenang di kolam air hangat.
 Mehrun


Keluarga Pak Rahmat
Pak Rahmat dan keluarganya sedang bermusyawarah. Doni usul ke kebun binatang, Rara usul ke kolam renang, ayah usul ke gunung dan ibu usul ke pantai. Doni ingin melihat dinosaurus ibu ingin melihat pemandangan di pantai , dipantai kan juga bisa berenang dan bermain pasir.Kata ayah sekarang kan baru musim badai. Bagaimana kalau ke gunung, di gunung juga ada dinosaurus ibu juga bisa berenang di taman  ada kolam renang. Mereka pun bersiap – siap perjalanan  memakan waktu 4 jam. Diperjalanan doni melihat kebun teh setelah sampai mereka melihat pemandangan gunung Slamet lalu mereka melihat patung dinosaurus patung itu aneh sekali, setelah mereka melihat patung dinosaurus mereka mandi air panas Doni dan Rara senang mandi air panas. Setelah mereka selesai , mereka makan siang lalu mereka pulang dan istirahat .
 Reza


Keluarga Pak Rahmat
Keluarga pak Rahmat bermusyawarah akhirnya keluarga pak Rahmat berkumpul. Kata Doni aku mau pergi ke kebun binatang dan kata Rara aku ingin pergi ke kolam renang kata ibu, ibu ingin pergi ke laut, ayah mau pergi ke gunung Slamet kata teman ayah di gunung Slamet ada patung dinosaurus dan ibu bisa berenang disana pemandangannya indah sekali dan ada tanaman daun teh dan Doni dan Rara berenang air panas habis berenang air panas Doni mau melihat dinosaurus dan habis melihat dinosaurus kita makan dan minum terus kita pulang,
 Adzkia


Keluarga Pak Rahmat
Keluarga Pak Rahmat bermusyawarah Rara memilih pergi berenang Doni memilih pergi ke kebun binatang, ibu memilih pergi ke pantai ayah memilih pergi ke gunung Slamet akhirnya mereka berembuk dan kata ayah di gunung itu ada pemandangan yang sangat indah Doni ingin ke kebun binatang karena disana ada patung dinosaurus dan kata ibu di pantai bisa berenang dan kata Rara disana bisa berenang  dan kata ayah sekarang lagi musim badai jadi kalau ke pantai berbahaya. Gimana ? kata ayah di gunung ada patung dinosaurus dan kolam renang juga ada. Keluarga Pak Rahmat sudah berembuk dan keputusannya adalah pergi ke gunung. Mereka bersiap – siap, mereka menyiapkan baju dan perlengkapan mandi dan paginya keluarga Pak Rahmat pergi, selama perjalanan keluarga Pak Rahmat melihat kebun teh dan melihat pak tani kemudian mereka berenang air panas di sana penyakit gatal – gatal bisa sembuh dan penyakit bisulan juga bisa sembuh, sehabis berenang Doni dan Rara lapar mereka makan sehabis makan Doni melihat patung dinosaurus kata Doni patungnya sangat lucu. Mereka sangat senang pergi ke gunung perjalanan mereka dari Jogja ke Purwokerto 4 jam karena mereka tidak pernah berhenti.
 Alya


Keluarga Pak Rahmat
Pak Rahmat, bu Rahma, Doni dan Rara keluarga inti, Rara mau ke kolam renang, Doni ingin ke kebun binatang, Bu Rahma mau ke pantai Pak Rahmat mau ke gunung Slamet disana ada kolam air panas disana ada patung dinosaurus akhirnya mereka pergi ke gunung slamet disana banyak pemandangan yang indah sekali di gunung ada kebun teh. Doni dan Rara senang berenang di kolam air panas.
Zahra



Categories:

Leave a Reply